Pelatihan Komite Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka ( Korwilcam Dindikbud Kaligondang, Purbalingga )

admin

KKG Jensud Korwilcam Dindikbud Kaligondang – Pelatihan Komite Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM ) Rabu ( 22/062022 ). Pelatihan Komite pembelajaran IKM yang di gagas oleh K3S Korwilcam Dindikbud Kaligondang bekerjasama dengan Korwilcamdindikbud dan Dinas pendidikan kabupaten Purbalingga akan berlangsung selama 4 hari ( 22-25 Juli 2022 ).

Sebagai peserta dalam pelatihan ini adalah sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum Merdeka di Tahun pelajaran 2022 / 2023 secara Mandiri. Acara dibuka di SD negeri 1 Penaruban, Kecamatan Kaligondang Purbalingga yang diikuti oleh perwakilan Guru Kelas 1 & 4, Guru penjas dan Guru PAI di setiap sekolah di wilayah Korwilcam Dindikbud Kaligondang.

Nantinya Untuk pelaksaan yang akan berlangsung selama 4 hari ini akan terbagi di 3 lokasi yang berbeda, Pembagian ini di dasarkan pada lokasi gugus, untuk kelas A peserta pelatihan merupakan sekolah yang berada di ( KKG Gugus Pattimura ) lokasi pelatihan berada di SD Negeri 1 Penaruban, adapun kelas B untuk KKG Gugus Jendral Sudirman akan dipusatkan di Aula SD Negeri 1 Kaligondang. Sementara untuk kelas C ( KKG Gugus Ki Hajar Dewantara ) akan berpusat di SD Negeri 2 Selanegara.

Acara secara resmi dibuka oleh Kadindikbud Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Rabu ( 22/06/2022 ) dan terpusat di SD Negeri 1 Penaruban.

Konsep Merdeka Belajar adalah cara bagaimana siswa bisa mengeksplor pendidikan dengan caranya masing masing, sedangkan guru adalah fasilitator yang menjembatani bagaimana cara belajar siswa” kutipan materi yang disampaikan oleh Kadindik Purbalingga dalam acara pembukaan ” Pelatihan Komite Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka “


Setelah acara pembukaan Rabu ( 22/06/2022 ) akan dilanjutkan di lokasi terpusat dimasing – masing gugus di wilayah Korwilcam Dindikbud Kaligondang.

Untuk Kelas B pada Gugus Jendral Sudirmam diikuti oleh 12 sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Kelas 1, Guru Kelas 4, Guru Penjasorkes, Guru PAI dan 1 orang Pendamping Kelas.


Materi IKM yang disampaikan dibawakan oleh 2 pengawas yaitu pak Dasiman dan Pak Sutarman. Materi pertama yang disampaikan oleh Pak Dasiman berkaitan mengenai konsep Pembelajaran dalam era modern dengan paradigma baru.


Konsep kurikulum yaitu titik awal dan titik akhir pengalaman belajar siswa. Kurikulum juga sebagai jantung pendidikan dan sebagai program pendidikan. Namun, sampai saat ini belum ada pengertian yang mengikat secara universal.


Ralph Taylor pada bukunya The Basic Principle Of Curiculum membagi kurikulum dalam 4 komponen. Adapun komponen tersebut yaitu Tujuan, Konten, Metode, Evaluasi. Dari 4 komponen tadi diklasifikasikan lagi menjadi 3 komponen yang digunakan pada beberapa negara. Adapun inti komponen tersebut terdiri dari tujuan pembelajaran, panduan pedagogi dan panduan assesment dan dipakai sebagai kerangka komponen dalam mendesain kurikulum berdasarkan kebutuhan murid.


Materi kedua dalam pembukaan IKM tadi pagi disampaikan oleh Sutarman. Beliau secara rinci mengulas mengenai Platform Merdeka belajar. Syaratnya adalah akun belajar.id termasuk untuk akses siswa. Tujuan hari ini adalah berhasil masuk ke dalam Platform Merdeka Mengajar. Pada platform tersebut terdapat pelatihan madiri yang bisa diikuti oleh guru. Didalamnya terdapat lebih ada 6 materi dan sekitar 80 video. Dalam PMM guru bisa mengambil inspirasi dari guru guru lain serta bisa mengambil aksi nyata dari beragam modul belajar.


Platform Merdeka Mengajar adalah teknologi untuk mendukung guru agar mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensi dan berkembang secara karier. Yang bisa mengakses adalah guru dan kepala sekolah.

Adapun untuk menggunakan platform tersebut guru maupun kepala sekolah bisa menggunakan dengan cara dan syarat sebagai berikut :

  1. Install apk dari google playstore
  2. Memiliki akun belajar id
  3. Mengunduh aplikasi Platform merdeka belajar
  4. Masuk ke dalam aplikasi menggunakan akun belajar yang dimiliki

Materi selanjutnya adalah mengenai profil pelajar pancasila. Kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja mandiri yang ada di dalam platform merdeka belajar masing masing.

( Penulis : Yudha Candra Purnama, Editor : Arif Prayitno )

Tinggalkan komentar